Orangtua, 「Baccarat skills experience」Ini Manfaat Membacakan Cerita kepada Anak Sejak Dini

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Pooch sports open website

BBaccarat skills experienceaccarat skills experienceselain menambah waBaccarat skills experiencektu berkualitas bersama, membacakan cerita kepada anak-anak bisa memberikan mereka kesempatan membayangkan sesuatu yang belum pernah mereka alami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Kegiatan membaca juga dipercaya dapat membantu pembentukan karakter, karena anak yang terbiasa dibacakan cerita akan terhubung secara emosional dengan tokoh pada buku cerita tersebut.

KOMPAS.com – Membacakan cerita kepada anak sebelum tidur terdengar sederhana. Namun, banyak sekali manfaat yang bisa diambil, baik untuk orangtua maupun anak.

Tak hanya itu, menurutnya, membacakan cerita seperti dongeng kepada anak juga bentuk dari stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan anak-anak dalam berbahasa dan mengenali bunyi.

“Membacakan cerita bukan hanya melatih kemampuan kognitif dan kreativitas tapi juga meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak,” lanjutnya.

Dengan kata lain, membacakan cerita melatih anak berimajinasi. Manfaat tersebut sangat penting untuk membantu perkembangan kognitif anak.

Baca juga: 3 Kategori Stimulasi untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

Baca juga: Bunda, Kenali Manfaat Kolostrum bagi Si Kecil

“Menurut penelitian, cerita yang positif dapat membantu anak untuk belajar menjadi pribadi yang baik dan santun karena mereka terbiasa mendengar dan membaca cerita yang merefleksikan hal tersebut,” paparnya.

Eddy menyatakan, interaksi merupakan salah satu bentuk stimulasi bonding yang baik bagi anak dan orangtua sehingga perkembangan sosial-emosional anak dapat terjadi.

Assistant Manager Program SIGAP Tanoto Foundation Benedikta Dina menjelaskan, membiasakan membacakan cerita untuk anak akan membantu menumbuhkan empati dan rentang perhatian mereka.

Head of Early Childhood Education and Development (ECED) Tanoto Foundation Eddy Henry mengatakan bahwa perkembangan otak anak tidak hanya berkaitan dengan asupan nutrisi, tetapi juga pemberian stimulasi dan interaksi dengan anak. Salah satu bentuk stimulasi yang penting adalah dengan membacakan cerita.